Penyebab Sakit Punggung

Diperkirakan setidaknya 70 % mausia menderita sakit punggung, baik kronis maupun sporadis. Sakit punggung dapat disebabkan oleh banyak faktor. Dalam banyak kasus, sakit punggung disebabkan oleh sikap badan yang salah, tegang atau kejang mengurangi waktu berpergian, duduk atau kerja.

Sakit punggung dapat menjadi masalah yang kronis, Dalam kasus lain, sakit punggung disebabkan oleh penyakit fisik. Penyakit yang paling umum menyebabkan sakit punggung menurut diagnosis dokter, adalah sebagai berikut :

1. Cakram sendi yang kemampuannya menurun. Cakram sendi pada punggung seperti spon-spon kecil yang terletak di antara tiap ruas punggung dan bertindak sebagai peredam kejut. Seiring dengan betambahnya usia, cakram sendi tersebut kehilangan karateristik peredam kejutnya.

Kelainan ini merupakan akibat dari proses penuaan normal. Namun, hal ini dapat pula terjadi sebagai akibat dari suatu kebiasaan, trauma, atau luka langsung pada cakram tersebut. Dengan pergerakan tulang punggung, cubitan dan iritasi akar saraf dapat terjadi dan otot mulai mengencang.

2. Cakram sendi yang mengalami hernia. Cakram sendi di daerah tulang punggung bagian bawah akan mengalami hernia ketika jel di dalam cakram sendi menekan ke arah luar dan menekan saraf di sekeliling tulang punggung, sehingga menyebabkan sakit yang berat.

3. Sakit yang berhubungan dengan punggung. Struktur mana pun pada tulang punggung bagian bawah dapat berhubungan dengan rasa sakit pada bagian-bagian tubuh yang lainnya. Hal ini terjadi karena bagian tulang yang terjangkit berbagi suplai saraf yang sama dengan daerah yang dirujuk oleh sakit tersebut. Mungkin saja Anda tengah mengalami sakit punggung dan rasa sakit muncul pada lengan dan bahu.

4. Osteoporosis. Penipisan progresif pada struktur tulang dengan hilanggnya kalsium tulang, mengakibatkan peningkatan risiko keretakan tulang. Tulang punggung menjadi lebih padat sehingga menyebabkan perubahan postur tubuh dan rasa sakit.

5. Kifosis (kifoskoliosis). Kifosis terkait dengan bungkuk atau tulang punggung bagian atas melengkung ke arah depan. Keitka derajat kifosis di atas normal, maka perlu dilakukan perawatan. Seiring dengan bertambahnya usia, maka terjadi peningkatan kifosis pada tulang dada secara bertahap dan alami yang mengakibatkan penampilan semakin membungkuk.

6. Skoliosis. Skoliosis dapat diakibatkan oleh suatu kondisi bawaan sejak lahir yang timbul di kemudian hari. Biasanya, skoliosis terjadi pada bagian atas daerah tulang punggung tengah. Lengkungan tulang punggung akibat skoliosis dapat berupa lengkungan atau dalam bentuk huruf “s”.

7. Lordosis. Lordosis adalah lengkungan ke dalam dari tulang punggung bawah (tepat diatas bokong). Lengkungan kifotik dan lordotik dalam tingkat rendah adalah normal, namun dapat memburuk karena postur tubuh yang buruk atau kelebihan berat badan. Lordosis mengakibatkan lumbago atau semakin lemahnya tulang punggung.


=====================================

>>> Propolis Melia Nature Untuk Mengatasi Sakit Punggung dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Sakit Punggung and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>