Sakit Tulang Punggung

sakit-punggung-belakangSakit tulang punggung bisa berupa nyeri ringan, tumpul, sampai parah dan menghambat pergerakan serta mengganggu aktivitas sehari-hari. Gerakan pinggang berlebih atau tidak benar (mengangkat beban berat berulang kali, terpapar getaran untuk waktu yang lama), kecelakaan atau patah tulang, degenerasi tulang belakang karena penuaan, infeksi, tumor, kegemukan, otot tegang atau kram, keseleo atau terkilir, otot atau ligamen sobek, masalah sendi, merokok, penyakit lain (osteroarthritis, spondylitis).

Untuk mencegah sakit punggung. Biasakan mengangkat barang dengan cara yang benar; juga postur yang benar saat duduk, berdiri dan tidur; olahraga secara rutin (lakukan peregangan otot sebelumnya); hindari merokok; jaga berat badan yang sehat; kurangi stres emosional.

Sakit punggung dapat menyerang punggung bagian bawah, bagian tengah dan atas. Bahkan bisa terjadi mulai dari bagian leher sampai ke bagian tengah ke tulang iga. Penyebab dari sakit punggung adalah penggunaan punggung berlebihan, otot tertarik atau luka pada otot, ligamen dan diskus tulang belakang, postur tubuh yang kurang baik, tekanan pada saraf tulang belakang, patahnya salah satu tulang punggung, osteoarthritis.

Gejala sakit punggung bila terjadi di bagian tengah dan atas, umumnya penderita akan mengalami gejala seperti sakit yang tumpul pada bagian sekitar punggung yang sakit, rasa seperti panas terbakar dan tajam, otot terasa kaku dan kencang.

Untuk mencegah dan mengobati sakit punggung ini diperlukan pengobatan dan perawatan yang tepat. Pengobatan dan perawatan ini tentunya harus dilakukan oleh penderita sakit punggung guna menghindari bahaya komplikasi akibat sakit punggung bila terjadi terus-menerus dalam jangka waktu yang lama.

Pengobatan dan perawatan untuk sakit punggung yang dapat dilakukan, di antaranya adalah :

1. Tidur miring dengan bantal di antara lutut dapat meningkatkan kenyamanan

2. Lakukan aktivitas senormal mungkin tetapi hindari aktivitas yang menambah tekanan pada bagian yang sakit.

3. Obat penghilang nyeri yang mengandung ibuprofen, parasetamol, naproxen, ketoprofen

4. Obat oles yang panas belum terbukti efektif, namun dapat digunakan untuk membantu mengurangi gejala sakit punggung yang terjadi.

5. Sebagian penderita sakit punggung merasa lebih nyaman apabila dikompres dengan air dingin atau air hangat. Kompres dingin dilakukan 48-72 jam pertama, setalah itu bisa bergantian antara kompres hangat dan dingin.

6. Melakukan olahraga punggung untuk membantu meringankan rasa sakit. Namun ada baiknya menggunakan alat pengaman punggung ketika melakukan olahraga berat agar tidak menciderai punggung

7. Mengubah atau merubah pola postur badan ketika duduk, berdiri dan jangan terlalu membungkuk.


=====================================

>>> Propolis Melia Nature Untuk Mengatasi Sakit Punggung dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Sakit Punggung and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>